Disperindag Siak Jamin Ketersediaan Stok Elpiji Tiga Kilogram Cukup

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Siak, Provinsi Riau menyatakan stok elpiji bersubsidi kemasan tiga kilogram di wilayah setempat relatif aman dan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
    
“Kami bisa menjamin persediaan elpiji bersubsidi cukup sehubungan tingginya permintaan masyarakat,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Siak, Wan Ibrahim di Siak, Selasa.
    
Dia mengatakan, untuk persedian kuota elpiji bersubsidi untuk tahun 2016 yang lalu ada sebanyak 3.876.000  tabung. Sedangkan pada 2017 ini ada penambahan sebesar delapan persen atau sebesar 310.000 dari sebelumnya.
    
“Pertamina pada tahun ini akan menambah delapan persen lagi kouta gas elpiji tiga kilogram untuk mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Siak. Oleh sebab masyarakat tidak usah panik karena pendistribusian elpiji tiga kilogram melimpah baik di tingkat agen, pangkalan maupun pengecer,” ungkapnya seperti dikutip Antara.
    
Dia juga menyampaikan akan terus mengawasi peredaran elpiji bersubsidi itu agar tidak terjadi kelangkaan. Menurut dia, selama ini kebutuhan gas bersubsidi tiga kilogram tidak ada masalah karena persedian melimpah.
    
“Kuota yang berkisar sekitar 3.876.000 tabung dipastikan tidak terserap seluruhnya, meskipun permintaan masyarakat meningkat. Sebab konsumsi elpiji kemasan tiga kilogram tidak pernah melebihi itu,” jelasnya lagi.
    
Wan Ibrahim juga menyebutkan, harga ditingkat pengecer bervariasi antara Rp20-21 ribu. Sedangka harga eceran tertinggi di pangkalan atau agen senilai Rp19.000.
    
“Masyarakat saat ini begitu mudah mendapatkan elpji karena sudah banyak pengecar dengan harga mencapai Rp 21.000 per tabung dan pangkalan Rp19.000. Kami berharap persedian elpiji terus melimpah dan jangan sampai terjadi kelangkaan yang menyebabkan terjadi kenaikan harga di pasaran,” ungkapnya.
    
Selain itu ia juga mengimbau kepada masyarakat atau pelanggan elpiji untuk bisa menjadi konsumen yang pintar dalam memilih elpiji, dia tegaskan, segel tutup gas tiga kilogram untuk kabupaten Siak sendiri berwarna hijau, dan total berat keseluruhan 8 kg, tiga kilogram isi gas dan lima kg berat tabungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *